Tel: (031) 5948060    Email: sekr-bth@bppt.go.id

Perancangan Signal Conditioning Sensor Piezo Film Untuk Pengujian Model Struktur Akibat Tsunami

Salah satu fenomena alam yang tidak bisa di prediksi oleh manusia adalah gempa bumi, dimana peristiwa gempa ini terjadi dalam waktu yang singkat tetapi akibat yang ditimbulkan sangat parah. Apalagi bila gempa tersebut di ikuti oleh gelombang Tsunami seperti yang pernah terjadi beberapa tahun yang lalu yang terjadi di wilayah Indonesia, khususnya didaerah aceh yang banyak menyebabkan kematian dan kerusakan infra struktur yang begitu hebat.


BPPT sebagai LPND yang bergerak di bidang pengkajian dan Penelitian Teknologi juga tidak mau ketinggalan dalam mengambil peran tersebut. Salah satu yang telah dilakukan oleh BPPT adalah dengan rancang bangun BUOY yang berfungsi sebagai early warning system, sehingga bila terjadi tsunami bisa sedini mungkin bias dimonitoring dan bisa memberikan peringatan kepada masyarakat disekitarnya bila terjadi gelombang tsunami, sehingga korban jiwa akibat gelombang tsunami dapat di minimalisir.
Pengujian model kekuatan struktur akibat gelombang tsunami ini dilakukan di UPT BPPH Surabaya. Pada pengujian tersebut sensor utama yang digunakan untuk mengukur besarnya hempasan pada sebuah struktur adalah sensor Impact. Dimana sensor impact ini menggunakan material PVDF Film. Perancangan ini untuk membuat signal conditioning yang sesuai dengan karakter sensor impact PVDF film, sehingga pengujian model kekuatan struktur akibat tsunami dapat dilaksanakan sesuai dengan yang diharapkan.
PERANCANGAN SIGNAL CONDITIONING
Material Piezoelectric adalah sensor yang mempunyai impedansi output tinggi, sehingga memerlukan signal conditioning untuk meng-adaptasi-kannya menjadi impedansi rendah yang sesuai untuk mengukur dan peralatan instrumentasi lainnya. Pada gambar 10 ditunjukkan blok diagram sensor interface selengkapnya yang dipergunakan dalam proyek ini.
METODOLOGI
Metodologi yang digunakan dalam perancangan Signal Conditioning ini terdiri dari :
• Pembuatan Hardware rangkaian.
• Pembuatan program Akuisisi data.
• Uji Coba sistem

UJI COBA SIGNAL CONDITIONING
Setelah dilakukan rancang bangun signal conditioning maka langkah selanjutnya adalah uji coba dan validasi alat, dimana pada pengujian alat ini menggunakan function generator sebagai input pengganti sensor PVDF.
Setelah dilakukan uji coba signal conditioning, maka selanjutnya dilakukan validasi system secara keseluruhan dengan menggunakan sensor PVDF film yang akan digunakan. Pada pengujian ini nantinya akan menggunakan 4 buah sensor impact yang di konfigurasi

FacebookTwitter

Statistik Pengunjung

8.png3.png3.png6.png8.png
Today36
Yesterday84
This week195
This month941
Total83368

Hubungi Kami

Lab. Hidrodinamika Indonesia

Balai Teknologi Hidrodinamika

Jl. Hidrodinamika, BPPT,

Sukolilo (Kompleks ITS)

Surabaya 60112 INDONESIA

Phone: +62315948060

Fax: +62315948066

Email: sekr-bth@bppt.go.id