Tel: (031) 5948060    Email: sekr-bth@bppt.go.id

Synopsis: Hasil Uji Prototipe Turbin Arus Laut 10 kW

Pemerintah telah menetapkan 8(delapan) Pokok-pokok Kebijakan Energi Nasional, dimana PLT-tenaga arus laut adalah termsuk salah satu dari prioritas pengembangan. Dijelaskan bahwa arah kebijakan pemanfaatan sumber energi terbarukan dari arus laut (PLTAL) adalah untuk :


    Meningkatkan eksplorasi sumberdaya energi berbasis arus, gelombang dan perbedaan suhu air laut.
    Meningkatkan kemampuan nasional untuk peningkatan pemanfaatan energi arus, gelombang dan perbedaan suhu air laut, baik skala industri maupun  domestik di seluruh kawasan laut Indonesia yang potensial.
    Meningkatkan kemampuan penelitian dan pengembangan di bidang energi laut menuju pemanfaatannya secara ekonomis.

Sejalan dengan kebijakan tersebut, UPT BPPH,BPPT yang telah mengembangkan penelitian sumber pembangkit listrik arus laut (PLTAL) oleh UPT yang telah dilaksanakan sejak tahun tahun 2006 diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap rencana jangka panjang dalam optimalisasi pemanfaat sumber-sumber energi terbarukan yang ada di Indonesia.

Tahun 2012, kegiatan diarahkan untuk mendukung kebijakan Pemerintah seperti tertuang pada Peraturan Presiden RI no. 86 tahun 2011 tentang Pengembangan Kawasan Strategis dan Infrastruktur Selat Sunda  serta program MP3EI  dalam hal pemanfaatan sumber energi arus laut untuk sarana penyedia listrik di kawasan JSS. Sebagai tahap awal sebelum dilakukan ujicoba dan pemasangan turbin di kawasan Jembatan Selat Sunda, kegiatan di fokuskan pada uji coba di bawah Jembatan Suramadu melalui sejumlah rangkaian proses kegiatan, yaitu :

    Survey potensi arus laut di kawasan Jembatan Suramadu.
    Desain rotor turbin yang disesuaikan dengan karakteristik arus laut di kawasan Jembatan Suramadu yaitu rotor tipe V dengan membentuk kemiringan sudut 60 derajat. Hal ini bertujuan agar disamping untuk menyerap eneri dari arus laut juga mampu menyerap energi dari Gelombang (Teknologi hydrid) sebagai solusi atas kecepatan arus laut di kawasan Jembatan Surabadu yang tidak terlalu besar (dikhawatirkan rotor turbin tidak berputar).
    Perakitan komponen, dan
    Uji coba operasional turbin arus laut dengan menggunakan generator kapasitas 3.5 Kw

Diharapkan hasil dari ujicoba di bahwa jembatan Suramadu dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam hal desain, teknologi pemasangan serta gambaran polah aliran arus di sekitar Jembatan yang akan dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dalam melaksanakan ujicoba/pemasangan turbin arus laut di kawasan Jembatan Selat Sunda pada tahun mendatang.

FacebookTwitter

Statistik Pengunjung

7.png0.png2.png7.png3.png
Today18
Yesterday55
This week18
This month1353
Total70273

Hubungi Kami

Lab. Hidrodinamika Indonesia

Balai Teknologi Hidrodinamika

Jl. Hidrodinamika, BPPT,

Sukolilo (Kompleks ITS)

Surabaya 60112 INDONESIA

Phone: +62315948060

Fax: +62315948066

Email: sekr-bth@bppt.go.id