Tel: (031) 5948060    Email: sekr-bth@bppt.go.id

Program unggulan Balai Teknologi Hidrodinamika tahun 2016

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT.) adalah Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK) yang berada dibawah koordinasi Menteri Negara Riset dan Teknologi, yang mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintah di bidang pengkajian dan penerapan teknologi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku

Melihat Indonesia sebagai Negara kepulauan, transportasi laut di Indonesia memegang peranan dangat penting dalam perdagangan, pariwisata, pertahanan keamanan dan pemanfaatan sumber daya laut (perikanan, migas dan lain-lain). Indonesia berpotensi menjadi poros maritim dunia mengingat posisi Indonesia yang sangat strategis. Oleh karena itu, dengan adanya visi dan misi pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan kemandirian dan kedaulatan bangsa di sektor maritim, diantaranya dengan mencanangkan program Tol Laut.

Sesuai peraturan Presiden No.2 Tahun 2015 tentang Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015-2019, program-program pembangunan sector maritime sangat banyak dan lebih rinci. Oleh karena itu, sesuai Rencana Strategis Balai Teknologi Hidrodinamika 2015-2019 merupakan lembaga pemerintahan di bawah Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang mempunyai dua fokus kegiatan sebagai program unggulan seperti pada Gambar di bawah ini.