Tel: (031) 5948060    Email: sekr-bth@bppt.go.id

Wujudkan Program Tol Laut, BTH-BPPT Desain Kapal Feeder 500 DWT

Sesuai dengan Rencana Strategis Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2015-2019 (Renstra KKP Tahun 2015-2019), Visi KKP Tahun 2015-2019 adalah menjabarkan arahan Presiden bahwa “Laut adalah Masa Depan Bangsa” yaitu mewujudkan sektor kelautan dan perikanan Indonesia yang mandiri, maju, kuat, dan berbasis kepentingan nasional.  Program dan Kegiatan Prioritas Tahun 2017 Arah kebijakan dan strategi pembangunan kelautan dan perikanan, akan dilaksanakan melalui 10 program. Program pengelolaan perikanan tangkap akan digunakan untuk membiayai kegiatan prioritas antara lain kapal penangkap ikan, alat penangkapan ikan dan alat bantu penangkapan ikan, asuransi nelayan, pembangunan pelabuhan perikanan dan pengembangan sentra kelautan dan perikanan terpadu.

Sejalan dengan program pemerintah mengenai Tol Laut, maka perlu adanya kajian yang lebih komprehensif tentang sistem transportasi logistik nasional. Sedangkan pembagian koridor dan peningkatan jumlah trayek bertujuan agar masyarakat pengguna angkutan laut di daerah-daerah yang belum berkembang bisa terlayani, sehingga peran pemerintah untuk menciptakan pertumbuhan dan konektivitas  daerah  melalui layanan transportasi bisa terpenuhi. Salah satu solusi mengenai sistem transportasi laut adalah dengan penggunaan kapal feeder sebagai pengangkut dan pemasok muatan dari dan ke pelabuhan besar atau mega ship sangatlah efektif karena lebih efisien terhadap waktu dan biaya. Pemilihan tipe dan kapasitas kapal feeder/niaga haruslah diperhatikan mengingat kondisi perairan/lingkungan dan perlengkapan pelabuhan lokal sangatlah variatif.

 

BTH sebagai satuan kerja yang bergerak di bidang hidrodinamika, memegang peranan atas adanya desain kapal feeder dalam memenuhi strategi sistem transportasi logistik nasional terkhusus daerah Maluku Utara. Pada tahun 2017, telah dirampungkan basic design kapal feeder beserta pengujian tahanan model kapal yang akan dilanjutkan dengan pengujian propulsi untuk mengetahui daya mesin yang akan dipasang pada kapal. Tujuan akhir yang akan dicapai pada program ini berupa Detail Engineering Design (DED) yang akan disertifikasi oleh Biro Klasifikasi Indonesia (BKI).

 

 

Kapal Feeder 500 DWT (Uji Coba Laboratorium

Statistik Pengunjung

8.png2.png0.png9.png0.png
Today11
Yesterday60
This week252
This month1565
Total82090

Hubungi Kami

Lab. Hidrodinamika Indonesia

Balai Teknologi Hidrodinamika

Jl. Hidrodinamika, BPPT,

Sukolilo (Kompleks ITS)

Surabaya 60112 INDONESIA

Phone: +62315948060

Fax: +62315948066

Email: sekr-bth@bppt.go.id