Tel: (031) 5948060    Email: sekr-bth@bppt.go.id

Gandeng PT. Risea Propulsion Indonesia, BTH Luncurkan Desain Propeller Untuk Kuda Laut Thruster

Dalam upaya peningkatan kualitas teknologi yang unggul dan mandiri, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia berupaya melakukan penguatan sistem inovasi teknologi sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas pengguna teknologi (masyarakat, industri, dan pemerintah). Hal tersebut sesuai amanat dari Perpes No.2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (2015-2019) yang menyatakan bahwa peranan Iptek di harapkan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap perekonomian nasional.

 

Sebagai salah satu lembaga riset dan teknologi yang bersifat nasional, Balai Teknologi Hidrodinamika (BTH) selaku balai di BPPT berupaya merealisasikan amanat Presiden. Dengan kemampuan lembaga BTH di bidang hidrodinamika yang mampu berkolaborasi dengan lembaga pendidikan maupun pihak swasta nantinya diharapkan mampu menghasilkan suatu inovasi teknologi berupa prototype yang dapat digunakan oleh seluruh elemen pengguna teknologi. Sebelum terbentuknya proposal ini BTH telah lebih dulu bekerjasama dengan pihak swasta dalam hal ini PT. RiSEA Propulsion Indonesia, guna menunjang program RISTEK dan DIKTI dalam Hilirisasi Program Unggulan Teknologi kolabrasi antara keduanya mampu menghasilkan inovasi tepat guna baik digunakan oleh masyarakat, industri maupun

 

Dalam menjalankan rangkaian program hilirisasi ini diperlukan adanya mitra yang terpercaya dalam pembuatan produk teknologi dimana bukan jaminan pembuatan produk saja melainkan dalam segi pemasaran juga. Diharapkan produk yang telah diciptakan ini akan dapat dimanfaatkan oleh penggunanya agar dalam pelaksanaannya lebih efisien dan tepat guna. Dalam hal ini BTH, PT. RiSEA Propulsion Indonesia dan Lembaga Pendidikan akan berkolaborasi dalam pembuatan komponen hidrodinamika sampai komponen elektronikanya sehingga akan tercipta model prototype Kuda Laut Thruster dimana untuk pengembangan sistem pendorong (propulsor) yang nantinya akan dilakukan penelitian di BTH sedangkan untuk motor dan elektronikanya akan dikembangankan oleh Pihak PT. RiSEA Propulsion Indonesia dan Lembaga Pendidikan. Sehingga dampak dari produk ini adalah peningkatan penggunaan kandungan komponen lokal dalam negeri sehingga mampu menjalankan perekonomian bagi stakeholdernya.

 

Integrasi Modul dan  Desain propeller BTH

Statistik Pengunjung

9.png5.png6.png8.png8.png
Today63
Yesterday66
This week188
This month735
Total95688

Hubungi Kami

Lab. Hidrodinamika Indonesia

Balai Teknologi Hidrodinamika

Jl. Hidrodinamika, BPPT,

Sukolilo (Kompleks ITS)

Surabaya 60112 INDONESIA

Phone: +62315948060

Fax: +62315948066

Email: sekr-bth@bppt.go.id