Print

Audit Internal ISO 17025:2017 dan KNAPPP 02:2017 tahun 2020

Foto Website

Agustus 2020

Audit internal adalah penilaian yang sistematis dan objektif yang dilakukan oleh auditor internal untuk memeriksa dan mengevaluasi kegiatan organisasi dalam hal ini sistem manajemen mutu ISO 17025:2017 dan KNAPPP 02:2017 yang diterapkan di Balai Teknologi Hidrodinamika (BTH). Tujuan dari diadakannya Audit Internal ini adalah untuk mengukur ke-efektifan dan konsistensi penerapan sistem manajemen mutu ISO 17025:2017 dan KNAPPP 02:2017 di BTH. Pelaksanaan audit internal dilaksanakan pada tanggal 12 sampai 14 Agustus 2020. Rapat pembukaan audit internal (opening meeting) dipimpin oleh Ka. BTH Bapak Ir. Muryadin,M.Sc dan dihadiri oleh Plt Kasie dan Kasubbag TU, para koordinator pada bagian-bagian yang ada di BTH serta tim  Auditor Internal BTH.

 

Foto Website1

Foto Website2

Objek dalam pelaksanaan audit internal adalah pemenuhan terhadap kebijakan/standart operasional procedure (SOP), kepatuhan terhadap SOP yang telah ditetapkan, kesesuaian terhadap standar ISO 17025:2017 dan kesesuaian terhadap standar KNAPPP 02:2017. Dimana metode yang dalam pelaksanaan audit internal adalah observasi pelaksanaan kegiaan di BTH dan wawancara di tempat bagian masing-masing. Tim auditor internal dibagi menjadi 3 tim yang teridri dari, tim 1 dengan Lead Auditor Bapak Afian Kasharjanto, ST.,MT dengan anggota antara lain Bapak Irfan Eko S, ST, Ibu Yuniati, ST.,MT dan Bapak Ir. Suyadi, untuk tim 2 dengan Lead Auditor Bapak Ir. Totok Tri, M. Eng dengan anggota Ibu Erdina, ST.,MT, Bapak Andik, ST dan Bapak Nandiko, ST dan tim 3 dengan Lead Auditor Ibu Dr. Dian Purnamasari, ST.,MT dengan anggota Ibu Rina, ST.,MT, Bapak Nurcholis, ST.,M.Sc dan Ibu Anis Kurniati, ST.

Foto Website7

Foto Website4

Tim 1 auditor internal bertugas untuk melakukan audit terhadap bagian Manajemen, Pemasaran, Instrumentasi dan Kalibrasi serta Fasilitas Sarana Pengujian, tim 2 bertugas untuk melakukan audit terhadap bagian Perlengkapan dan Umum, MWS, Fasilitas TT dan CT, Fasilitas MOB dan Uji Lab serta Perencanaan dan Evaluasi. Sedangkan tim 3 bertugas melakukan audit pada bagian Produksi, Pengujian, Administrasi dan SDM, Pengendalian serta Sistem Informasi Database. Pelaksanaan audit internal yang berlangsung selama 3 hari ditutup dengan rapat penutupan (closing meeting) audit internal yang dipimpin oleh Ka. BTH dan Manajemen lainnya serta koordinator bagian yang diaudit dan tim Auditor Intenal. Pertemuan ini untuk meng-klarifikasikan hasil temuan yang didapatkan oleh tim auditor internal di masing-masing bagian, juga untuk menyampaikan hasil temuan dan rekomendasi tim auditor internal. Ka. BTH berharap untuk temuan dan rekomendasi agar dapat ditindaklanjuti dengan perbaikan pada masing-masing bagian yang mendapatkan temuan. (PPID/Pengendalian2020)

Foto Website3

Foto Website6