• (031) 5953195
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Riset Kapal Hankam 2019

IMG 9235

Oktober 2019

Perjanjian Kinerja (PENKIN) antara Kepala Balai Teknologi Hidrodinamika (BTH) dengan Direktur Pusat Teknologi Rekayasa Industri Maritim (PTRIM) sebagai bagian dari Rencana Strategis untuk mendukung Inovasi Teknologi Hidrodinamika bidang Hankam, maka BTH melakukan kegiatan Rancang Bangun Sistem Kendali Gerak untuk Kapal Selam pada tahun 2019. Kegiatan ini terdiri dari pembuatan model kapal selam, perancangan sistem kendali gerak dan pembuatan model propeller kapal selam.

 

 

 

 

 

IMG 0270

Pembuatan model kapal selam dilakukan mulai proses penyusunan frame yang sudah diporong sesuai dengan gambar, dilanjutkan dengan pemasangan kulit sampai menjadi bentuk kapal. Setelah itu dilakuakn proses pembentukan lambung kapal dengan metode pen-dempulan yang disesuaikan dengan mal pada masing-masing station. Setelah bentuk lambung sesuai dan memenuhi standart yang ditentukan oleh QA/QC, maka dilakukan proses laminasi/pelapisan dengan bahan fiberglass agar pada saat pengujian air tidak masuk kedalam kapal.

 

 

 

 

 

WhatsApp Image 2019 08 07 at 13.11.31

Untuk pembuatan model propeller terlebih dahulu dihitung menggunakan pendekatan teori Angle of Attack dari foil dan hasil pengujian propeller kapal selam tahun sebelumnya. Setelah didapatkan perhitungan untuk desain mulailah dibuat gambar 3D propeller untuk nantinya dikerjaikan di Fasilitas CNC 5-axis milik BTH. Pengerjaan propeller kapal selam di mesin CNC 5-axis memakan waktu lebih kurang 1 minggu efektif hari kerja. Setelah propeller keluar dari mesin CNC 5-axis masih memerlukan finishing akhir agar mendapatkan permukaan propeller yang halus dan tidak bergelombang dengan menggunakan mata kikir dan kertas gosok.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

WhatsApp Image 2019 10 02 at 14.51.16

Untuk rancang bangun kendali gerak kapal selam dilakukan menggunakan mikrokontrooler untuk mengkontrol seluruh pergerakan dari fin dan rudder kapal selam. Agar model kapal selam bisa menyelam maka disimulasikan seperti kapal selam sebenarnya yaitu memasukkan air kedalam lambung kapal selam, untuk itu diperlukan semacam mekanisme pintu yang membuka dan menutup sehingga air bisa masuk kedalam lambung model kapal selam. Untuk kemudian air yang masuk kedalam lambung disimpan di tempat semacam tangki agar tidak bocor dan mempengaruhi keseimbangan kapal selam. Pengujian kekedapan tabung diperlukan agar menjamin tabung benar-benar kedapan air.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

WhatsApp Image 2019 10 03 at 10.58.48

 

 

 

 

 

 


Statistik Pengunjung

Today9
Yesterday107
This week566
This month2239
Total118868

Kontak Kami

Balai Teknologi Hidrodinamika

Jl. Hidrodinamika BPPT, Kompleks ITS , Sukolilo

Surabaya 60112, Indonesia

Phone: (+6231) 5947849

Fax: (+6231) 5948066

Email: sekr-bth@bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi - BPPT