• (031) 5953195
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengujian Hidrodinamika Buoy Ina-TEWS Gen 3.1 2020

WhatsApp Image 2020 03 19 at 12.34.481

Maret 2020

Untuk mendukung program yang telah ditetapkan oleh BPPT pada tahun 2020 yaitu Pengkajian dan Penerapan Teknologi Rancang Bangun Buoy Indonesia Tsunami Early Warning System (Ina-TEWS), BTH salah satu unit kerja BPPT melaksanakan kegiatan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (PPT) Riset untuk pengujian hidrodinamika berbagai tipe Buoy Ina-TEWS yang dirancang dan didesain oleh Perekayasa BPPT yang terdiri dari berbagai kompetensi unit kerja di BPPT. Untuk pengujian yang pertama adalah pengujian hidrodinamika Buoy Ina TEWS gen 3.1 yang didesain mulai tahun 2019.

 

 

WhatsApp Image 2020 03 15 at 18.04.39

Desain platform buoy dilakukan oleh unit kerja PTRIM, BTH, B2TKS dan BMEPPO BPPT. Sehingga tercipta desian buoy gen 3.1 yang akan dilakukan pengujian hidrodinamika untuk mengetahui karakteristik buoy ketika berada di laut. Pengujian ini diperlukan untuk melihat karakteristik pergerakan buoy ketika dilepas di laut, apakah buoy tersebut dapat ber-operasi dengan maksimal di perairan/lokasi yang telah ditetapkan untuk dipasang buoy. Model buoy dibuat dari material kayu dengan dilapisi laminasi fiberglass, supaya air tidak masuk kedalam model buoy. Pembuatan model buoy dilakukan di fasilitas SMWS selama lebih kurang 1 bulan. Mulai dari penggambaran gambar kerja di bagian Drawing sampai dengan finishing pengecetan di SMWS. Beberapa foto menunjukkan proses pembuatan model buoy mulai dari penyusunan frame sebagai awal, pembentukan diameter besar buoy, pengecekan dimensi sesuai dengan standar dari tim QA/QC mengikuti ISO 17025:2017. Pengecekan ini dilakukan di atas Marking Table di fasilitas Ship Model Workshop (SWMS).

WhatsApp Image 2020 03 10 at 09.09.56

WhatsApp Image 2020 03 16 at 09.26.20

 

Pada pengujian kali adalah pengujian olah gerak buoy (seakeeping test) yang dilakukan di kolam uji Manuver and Ocean Engineering Basin (MOB). Sebelum dilakukan pengujian dipersiapkan terlebih dahulu perlatan yang akan digunakan untuk mengambil (record) data buoy antara lain peralatan wave height sensor (WHS) untuk mengukur tinggi gelombang, qualysis motion tracker untuk mengukur gerakan 6DOF buoy. Dikarenakan ukuran buoy yang kecil dan tidak standard (tidak berbentuk kapal), maka untuk mencari jari-jari girasi diperlukan sedikit modifikasi cara yang digunakan. Yaitu dengan menggunakan cara digantung, sehingga buoy dapat berayun-ayun untuk kemudian dihitung pergerakan jari-jari girasi-nya. Untuk jari-jari girasi model scale harus diperhatikan dengan benar, karena data ini digunakan untuk menentukan jari-jari girasi buoy ukuran full scale.

WhatsApp Image 2020 03 20 at 13.36.37

WhatsApp Image 2020 03 20 at 09.25.23

 

Kalibrasi gelombang merupakan salah satu tahapan atau langkah yang harus dilakukan didalam preparation model test. Tahapan ini merupakan tahapan penting sebelum pengujian seakeeping dimulai karena pada tahap ini dilakukan kalibrasi gelombang yang akan digunakan selama pengujian. Kalibrasi gelombang didapatkan dengan menempatkan alat ukur ketinggian gelombang (WHS) didalam kolam uji untuk merecord data ketinggian gelombang yang dibangkitkan oleh pembuat gelombang (wave generator). Untuk kemudian hasil dari pembacaan WHS dilakukan analisa apakah gelombang yang didapat sudah sesuai atau belum untuk dipergunakan pada pengujian. Pada pengujian ini tipe gelombang yang digunakan adalah P-M irreguler dengan variasi 1 memiliki Hs = 2,2 m dan Tp = 10,5 s sedangkan variasi 2 memiliki Hs = 2,2 m dan Tp = 8 s.

WhatsApp Image 2020 02 05 at 14.11.42

WhatsApp Image 2020 02 06 at 09.18.00

 

Pada pengujian ini buoy skenario pengujian adalah kondisi buoy tertambat dengan konfigurasi single point mooring dengan ujung mooring berada di bagian bawah buoy, yang kemudian dihubungkan dengan loadcell untuk mengukur tegangan (stress) yang terjadi pada mooring. Pengujian dilakukan menggunakan dua variasi gelombang. Untuk arah gelombang pada pengujian ini menggunakan satu arah gelombang karena bentuk buoy yang berupa lingkaran, sehingga untuk sudut datang memiliki karakteristik gerakan yang sama. (SI/RKP)

WhatsApp Image 2020 03 20 at 10.14.01

WhatsApp Image 2020 03 20 at 10.48.44

 


Statistik Pengunjung

Today25
Yesterday131
This week794
This month794
Total139694

Kontak Kami

Balai Teknologi Hidrodinamika

Jl. Hidrodinamika BPPT, Kompleks ITS , Sukolilo

Surabaya 60112, Indonesia

Phone: (+6231) 5947849

Fax: (+6231) 5948066

Email: sekr-bth@bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi - BPPT