• (031) 5953195
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengujian Hidrodinamika Kapal Harbour Tug 2020

Website

Juli 2020

Program Pengkajian dan Penerapan Teknologi (PPT) di BTH, dimana salah satunya adalah Inovasi Pengembangan Teknologi Maritim (IPTM) tahun 2020, adalah untuk melakukan pengujian hidrodinamika model kapal atau model wahana laut. Untuk pengujian yang pertama dari program IPTM 2020 adalah pengujian Wahana Angkut Anjungan Lepas Pantai Paska Operasi (Wahana ALPO) yang beritanya dapat dilihat di "Pengujian Hidrodinamika Wahana ALPO 2020". Pengujian yang kedua dari program IPTM 2020 adalah pengujian hidrodinamika Kapal Harbour Tug (Kapal Tunda Pelabuhan). Kapal Harbour Tug adalah kapal yang dapat digunakan untuk melakukan manuver atau pergerakan, yang mana fungsi utamanya adalah menarik atau mendorong kapal lainnya di pelabuhan. Kapal Harbour Tug juga dapat untuk menarik tongkang, kapal rusak, dan peralatan lainnya di pelabuhan. Rancangan desain bentuk kapal dilakukan oleh para perekayasa di BPPT, dalam hal ini pada unit kerja PTRIM dan BTH yang mulai dikerjakan pada awal tahun 2020.

Pembuatan lambung kapal dilakukan fasilitas Ship Model Workshop (SMWS) BTH. Dari rancangan desain general arranggement (GA) dan rencana garis (Lines Plan) kapal sebenarnya dilakukan scaling down (pen-skala-an) untuk mendapakan ukuran model kapal yang sesuai dengan kemampuan fasilitas Towing Tank (TT). Bagian drawing BTH melakukan penggambaran ulang untuk model kapal yang sudah di-skalakan, antara lain gambar lines plan, gambar half breatdhplan, gambar sheer plan, gambar frame section, gambar shaft arranggement dan gambar bangunan atas. Dari gambar-gambar yang sudah diproduksi oleh bagian drawing, dibuat model kapal harbour tug menggunakan metode pembagian frame, dimana dari bentuk lambung dibagi menjadi beberapa frame sebagai landasan atau bentuk awal dari model kapal. Frame ini terbuat dari bahan multiplek yang telah dipotong mengikuti bentuk lambung kapal. Kemudian dari frame-frame yang telah disusun diberi lapisan penguat berupa kulit-kulit kapal yang terbuat dari bahan mulitplek yang telah dipotong dengan lebar kulit lebih kurang 10 - 50 cm tergantung bentuk frame. Setelah semua kulit selesai dipasang maka akan tampak bentuk lambung kapal secara menyeluruh. Setelah lambung kapal terbentuk, maka dilakukan proses pembentukan final (finishing) sehingga bentuk akhir lambung kapal sesuai dengan hasil yang telah diproduksi bagian drawing. Fininshing dilakukan dengan menggunakan dempul dan keras gosok. Pengeceken dimensi ukuran dilakukan selama proses pembuatan lambung model kapal yang dilakukan oleh tim Ship Model Workshop (SMWS) agar sesuai dengan gambar dan ukuran yang ada. Penentuan dimensi akhir dilakukan oleh tim QA/QC yang melakukan pengecekan dimensi dan kesesuaian bentuk lambung agar sesuai dan memenuhi persyaratan ISO 17025:2017. Beberapa foto menunjukkan proses pembuatan model kapal harbour tug mulai dari penyusunan frame sebagai awal, pemasangan kulit lambung kapal, finishing pembentukan lambung kapal dan pengecekan dimensi oleh tim QA/QC yang dilakukan di atas Marking Table.

IMG 8855

IMG 8856

 

IMG 9925

IMG 9916

 

Pengujian untuk mendapatkan powering kapal memerlukan 3 serangkai pengujian model yaitu pengujian tahanan model kapal (resistance test), pengujian propulsi model kapal (self propulsion test) dan pengujian open water propeller test. Untuk model kapal harbour tug dilakukan pengujian tahanan model kapal (resistance test) yang dilakukan di kolam uji Towing Tank (TT). Sebelum dilakukan pengujian dipersiapkan terlebih dahulu pemberat (ballast) yang akan dimasukkan kedalam model kapal agar mendapatkan berat (displacement) model kapal  yang sesuai dengan berat kapal asli yang di-skalakan. Pengecekan sudut trim model dilakukan menggunakan waterpass yang diletakkan di-deck model kapal, sebagai acuan peletakan posisi ballast. Kapal harbour tug diuji pada kecepatan bervariasi mulai dari 1 knot sampai pada kecepatan 15 knot. Beberapa foto menampilkan pengujian resistance test model kapal harbour tug pada berbagai variasi kecepatan pengujian. (SI/RKP).

F LHI251Harbour rest 42m 11Knots 9

F LHI251Harbour rest 42m 15Knots 13

 

F LHI251Harbour rest Trim 11Knots 9

F LHI251Harbour rest Trim 12Knots 10

 


Statistik Pengunjung

Today18
Yesterday100
This week399
This month2010
Total149093

Kontak Kami

Balai Teknologi Hidrodinamika

Jl. Hidrodinamika BPPT, Kompleks ITS , Sukolilo

Surabaya 60112, Indonesia

Phone: (+6231) 5947849

Fax: (+6231) 5948066

Email: sekr-bth@bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi - BPPT