• (031) 5953195
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengujian Deployment Model Buoy-Sinker dan Model Sinker OBU 2021

Deploy Sinker 1

April 2021

Balai Teknologi Hidrodinamika (BTH) adalah salah satu unit kerja pendukung Pusat Teknologi Rekayasa Industri Maritim (PTRIM) dalam melaksanakan kegiatan Rancang Bangun Buoy-OBU Ina TEWS BPPT melalui pengujian model buoy Ina TEWS di kolam uji BTH.  Pada bulan Maret 2021 telah dilakukan pengujian deployment model Buoy dan model Sinker OBU, yang mana dalam pelaksanaan sebenarnya juga telah di deploy Buoy untuk lokasi perairan Malang Selatan setelah sebelumnya dilakukan pengujian model di BTH.

Fenomena saat pelaksanaan deploy buoy perlu diketahui karena merupakan kondisi kritis saat pertama kali buoy diluncurkan ke laut. Mengetahui gerakan buoy yang meluncur dan tegangan tali tambat akibat dimasukkannya sinker yang meluncur ke dasar laut akan mendukung dalam analisa operasi peluncuran buoy untuk beroperasi. Pengujian deploy model buoy  ini bertujuan untuk mengetahui fenomena dan tegangan tali tambat buoy saat diluncurkan sinker/pemberatnya. Pengukuran dalam simulasi meliputi kecepatan gerak transalasi pada model buoy saat sinker diturunkan, tegangan tali tambat pada ujung dekat model buoy dan pada ujung dekat sinker. Pengujian deploy model Sinker Buoy dilakukan di kolam Towing Tank dengan kedalaman air kolam saat pengujian 5.405 m. Simulasi peluncuran model sinker dilakukan dengan terlebih dahulu menarik model buoy yang telah dilepaskan di permukaan air, setelah kecepatan tarik ini menggambarkan kecepatan kapal dengan  stabil maka diluncurkan sinker ke dalam air. Pada percobaan ini kecepatan tarik disimulasikan dengan kecepatan kapal 1.63 knot  (0.84 m/s) dengan kondisi perairan tanpa arus dan tanpa gelombang. Kecepatan model buoy dan tegangan pada tali tambat diukur saat model sinker meluncur di air. Simulasi pengujian dilaksanakan dengan skenario yang sangat mirip dengan deployment yang sebenarnya, termasuk deployment model sinker OBU. Pengukuran kecepatan luncur model buoy dilakukan dengan menggunakan sistem optical wireless motion tracking dengan menempatkan target pengukuran pada model buoy. Sedangkan pengukuran beban tali mooring diukur menggunakan dua buah load cell, masing-masing pada posisi dekat model buoy (Fbuoy) dan di dekat model sinker (Fsinker). Berikut beberapa dokumentasi selama pengujian deploy sinker Buoy.

Deploy Sinker 3

Deploy Sinker 2

 

Deploy Sinker 4

Deploy Sinker 5

 

Proses deploy atau peluncuran ke air peralatan sinker untuk OBU yang merupakan pendukung akuisisi data peringatan dini tsunami pada buoy INA-TEWS generasi 3.1. Dengan mengetahui fenomena proses meluncurnya model sinker-OBU diharapkan akan dapat membantu mengantisipasi kegagalan dalam penempatan OBU di dasar laut. Pengujian deploy model sinker-OBU bertujuan untuk mengetahui fenomena kecepatan luncur model sinker saat meluncur di dalam air. Pengukuran dalam simulasi ini meliputi kecepatan gerak luncur ke dasar perairan dan pola gerakan yang timbul pada model sinker. Pengujian deploy model sinker-OBU dilakukan di kolam Towing Tank dengan kedalaman air kolam saat pengujian 5.405 m. Simulasi peluncuran sinker-OBU dilakukan dengan melepaskan sinker secara bebas pada posisi awal sinker di permukaan air. Gerakan translasi sinker diukur saat sinker meluncur di air. Pengukuran kecepatan luncur model buoy dilakukan dengan menggunakan sistem under water optical wireless motion tracking dengan menempatkan target pengukuran pada model sinker. Berdasar pengamatan dan hasil pengujian menunjukkan bahwa posisi model sinker saat meluncur di dalam air tidak membentuk pola garis lurus, namun berupa gerakan mengayun sebagaimana terekam dalam pengujian di kolam uji. Gerakan mengayun ini menunjukkan adanya gaya yang menahan permukaan model sinker OBU supaya tidak tidak turun bebas, sehingga memungkinkan model sinker OBU tidak jatuh tegak lurus pada posisi awal dijatuhkannya ke dasar kolam uji. Berikut beberapa dokumentasi selama pengujian deploy sinker OBU. (PPID/INATEWS2021)

Deploy Sinker 6

Deploy Sinker 7

 

Deploy Sinker 8

Deploy Sinker 9

 


Statistik Pengunjung

Today43
Yesterday123
This week43
This month3084
Total193701

Kontak Kami

Balai Teknologi Hidrodinamika

Jl. Hidrodinamika BPPT, Kompleks ITS , Sukolilo

Surabaya 60112, Indonesia

Phone: (+6231) 5947849

WhatsApp: (+6281230842055)

Fax: (+6231) 5948066

Email: sekr-bth@bppt.go.id

© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi - BPPT