• (031) 5953195
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengujian Hidrodinamika Kapal Harbour Tug Tahun 2021

Kapal Harbour Tug 2

Mei 2021

Sebagai bagian dari Program Pengkajian dan Penerapan Teknologi (PPT) yang dilaksanakan di BTH, dimana salah satunya adalah Inovasi Pengembangan Teknologi Maritim (IPTM) yang pada tahun 2021 ini melakukan pengujian model kapal sebagai lanjutan pengujian yang telah dilaksanakan pada tahun 2020. Setelah pada bulan April melakukan pengujian untuk Kapal Mini LNG, maka pada bulan Mei dilaksanakan pengujian Model Kapal Harbour Tug Dual Fuel.  Untuk tahun 2021 pengujian yang dilaksanakan adalah pengujian manuver model kapal (Manauver Test) sebagai lanjutan dari pengujian tahanan model kapal (Resistance Test) yang dilaksanakan pada tahun 2020 yang beritanya dapat dilihat di "Pengujian Hidrodinamika Kapal Harbour Tug 2020".

Untuk pengujian manuver model kapal (Manauvering Test) yang pertama dilakukan adalah pengujian radius putar rudder (Turning Circle Test), dimana pada pengujian ini model kapal berjalan kearah tengah kolam dan pada saat sensor motion tracker dapat terbaca pada komputer, maka remote control di-set kearah automatic dengan posisi rudder berbelok 30 derajat, sehingga kapal berbelok dan memutar membentuk lingkaran sebanyak 3 putaran. Pengujian ini dilakukan untuk kondisi rudder berbelok ke kanan dan berbelok kekiri untuk mendapatkan karakteristik manuver putar kapal pada arah kanan dan kiri rudder. Pengujian berikutnya adalah pengujian manuver model kapal (Manauvering Test) yang kedua adalah pengujian zig-zag (Zig-Zag Test), untuk prosesnya sama dengan pengujian radius putar dimana pada pengujian ini model berjalan kearah tengah kolam dan pada saat sensor motion tracker dapat terbaca pada komputer, maka remote control di-set kearah automatic dengan posisi rudder berbelok 30 derajat, sehingga kapal berbelok atau berubah sudut heading-nya, setelah kapal mencapai sudut heading 10 derajat, maka secara otomatis rudder akan berubah posisi kearah berlawanan dari arah belok pertama sebesar 30 derajat. Sehingga kapal akan berubah lagi sudut heading-nya kearah berlawanan dan bila telah mencapai sudut 10 derajat lagi, maka rudder akan kembali berubah posisi berlawanan arah sebesar 30 derajat. Gerakan ini dilakukan hingga 3 kali perubahan sudut heading kapal. Dari hasil pengujian manuver (turning dan zig-zag) didapatkan variabel antara lain tactical diameter, turning radius, sudut overshoot pertama dan sudut overshoot kedua kapal yang nantinya akan bermanfaat untuk informasi kepada nahkoda kapal perihal karakteristik manuver kapal. Beberapa foto menunjukkan pengujian Manuvering yang dilakukan di fasilitas Manauvering and Ocean Basin.(PPID/IPTM2021)

Kapal Harbour Tug 1

Kapal Harbour Tug 2

 

Kapal Harbour Tug 3

Kapal Harbour Tug 4

 

Kapal Harbour Tug 5

Kapal Harbour Tug 6

 

Kapal Harbour Tug 7

Kapal Harbour Tug 8

 


Statistik Pengunjung

Today112
Yesterday152
This week613
This month33233
Total258508

Kontak Kami

Balai Teknologi Hidrodinamika

Jl. Hidrodinamika BPPT, Kompleks ITS , Sukolilo

Surabaya 60112, Indonesia

Phone: (+6231) 5947849

WhatsApp: (+6281230842055)

Fax: (+6231) 5948066

Email: sekr-bth@bppt.go.id

© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi - BPPT