• (031) 5953195
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kunjungan Pemprov Aceh dan PT. Adiluhung Sarana Segara Indonesia

Template Medsos10

September 2020

Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah., optimis tiga unit Kapal Motor Penumpang (KMP) Aceh Hebat bisa beroperasi pada Januari 2021. "Saya optimis bisa diselesaikan dan beroperasi pada Januari 2021 Kalau kita lihat schedule (jadwal) dari PT Adiluhung Saranasegara itu pada akhir November akan di delivered ke Aceh, dan tergantung cuaca," kata Nova Iriansyah, saat melakukan kunjungan kerja ke PT Adiluhung Seranasegara Indonesia di Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Kapal dibikin di Bangkalan tersebut direncanakan diserahterimakan pada Desember akhir tahun ini. Nova bahkan terus mewanti-wanti pada PT Adiluhung Saranasegara sebagai rekanan yang membangun kapal untuk terus menjaga ritme pekerjaannya. Nova mengatakan, apabila selesai nanti, akan mempercepat konektivitas antara Pelabuhan Ulee Lheu ke Sabang. KMP Aceh Hebat 2 yang dibangun di Bangkalan itu bisa memuat 18 unit truk mobil barang dan 8 unit mini bus (mobil pribadi), dengan total keseluruhan sebanyak 26 kendaraan yang bisa dimuat. "Ini tantangan kita tinggal masalah waktu. Mudah-mudahan tidak ada hal-hal yang luar biasa, sehingga kita bisa bekerja normal kalau bisa lebih cepat, untuk bisa kita selesaikan, setidak-tidaknya di pertengahan Desember ini," katanya. Jika covid mereda, pada akhir tahun nanti diyakini gelombang wisatawan ke Sabang akan meningkat. Dengan bertambahnya armada penyebrangan dipastikan akan memudahkan penumpang untuk menyeberang ke Sabang. (sumber:https://www.koranindependen.co/nasional/r-6695/plt-gub-aceh-optimistis-3-unit-kapal-aceh-hebat-beroperasi-januari-2021).

Dalam rangka kunjungan ke PT. Adiluhung Sarana Segara Indonesia sebagai rekanan pembangunan kapal, Plt Gub. Aceh juga meninjau demo Pengujian Hidrodinamika Seakeeping Kapal Ferry Fo-Ro 1100GT di balai Teknologi Hidrodinamika (BTH). Kunjungan dilaksanakan pada tanggal 7 September 2020. Di BTH, Plt Gub Aceh ditemui oleh Ka. BTH Ir. Muryadin.,M. Sc beserta jajarannya. Didampingi pula oleh Kepala Program PNBP Pengujian Kapal Ferry Ro-Ro 1100GT Ir. Ridwan Utina beserta tim Pengujian dan Analisa Data. Tim Pengujian dan Analisa Data memaparkan presetasi tentang proses pengujian kapal Ferry Ro-Ro mulai dari pembuatan model kapal sampai kapal diuji Seakeeping di Fasilitas Manauver Ocean Basin. Tim Pengujian menjelaskan tentang pentingnya pengujian seakeeping didalam pengujian model kapal yaitu untuk validasi olah gerak kapal terhadap gelombang dengan ketinggian tertentu. Untuk kapal jenis ferry informasi mengenai tinggi gelombang berapa yang di-ijinkan untuk kapal dapat berlayar di laut. Penentuan titik berat dan jari-jari girasi kapal juga diperlukan, agar pada saat kapal bersandar di pelabuhan dan mulai loading muatan berat misal kapal dan mautan lain bisa disesuaikan atau diatur peletakkan, aar tidak mempengaruhi stabilitas kapal pada saat berlayar.

Template Medsos5

Template Medsos9

 

Setelah mendengarkan penjelasan dari tim Pengujian dan Analisa Data Pengujian Kapal Ferry Ro-Ro 1100GT dilakukan sesi diskusi ringan dengan pertanyaan dari Plt Gub Aceh dan Dinas Perhubungan Pemprov Aceh kepada tim Pengujian dan Analisa Data. Juga diskusi dengan rekanan pembangunan kapal PT. Adiluhung Sarana Segara Indonesia. Acara dilanjutkan dengan kunjungan fasilitas untuk melihat demo Pengujian Seakeeeping di Fasilitas Manauver Ocean Basin dan demo Pembuatan Propeller menggunakan mesin CNC 5-axis. Acara ditutup dengan penyerahan cinderamata dari BTH ke Pemerintah Provinsi Aceh yang dilakukan oleh Ka. BTH ke Plt. Gub Aceh dan dilanjutkan dengan foto bersama sesuai dengan Protokol Kesehatan. Berikut dokumentasi selama kunjungan berlangsung. (PPID/Pemasaran2020)

Template Medsos6

Aceh1

 

Template Medsos8

Template Medsos7

 


Statistik Pengunjung

Today10
Yesterday133
This week401
This month2888
Total158110

Kontak Kami

Balai Teknologi Hidrodinamika

Jl. Hidrodinamika BPPT, Kompleks ITS , Sukolilo

Surabaya 60112, Indonesia

Phone: (+6231) 5947849

WhatsApp: (+6281230842055)

Fax: (+6231) 5948066

Email: sekr-bth@bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi - BPPT