• (031) 5953195
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kunjungan Tentara Nasional Indonesia Matra Laut (TNI-AL)

Kunjungan KPC 1

Oktober 2020

Balai Teknologi Hidrodinamika (BTH) menerima kunjungan dari Tentara Nasional Indonesia Matra Laut (TNI AL) pada tanggal 26 Oktober 2020. Kunjungan ini dalam rangka melihat demo pengujian Kapal Patroli Cepat 60 m yang sedang di-ujikan di BTH. Kunjungan diterima oleh Ka. BTH Ir. Muryadin, M.Sc dan Plt Kasie Program Penerapan Teknologi Fariz Maulana, ST.,MT. Turut hadir juga pada kesempatan ini Kepala Program PNBP Pengujian Kapal Patroli Cepat 60 m Dr. Dian Purnamasari, ST.,MT beserta tim Pengujian dan tim Analisa Data. Pihak TNI AL beserta robongan diterima di Auditorium BTH.

Agenda pertama adalah presentasi oleh Plt Kasie PPT tentang Profil BTH. Untuk berikutnya dilanjutkan dengan presentasi Hasil Pengujian Kapal Uji BTKP oleh Kepala Program Pengujian Kapal Patroli Cepat 60 m. Pada presentasi ini Kepala Program (KP) menjelaskan tentang pembuatan model kapal uji, dimulai dari penentuan skala untuk model kapal, penggambaran ulang (re-drawing) untuk menghasilkan gambar kerja yang nantinya akan dijadikan acuan oleh tim Produksi Model. Untuk proses pembuatan model kapal membutuhkan waktu lebih kurang selama 3-4 minggu, kemudian setelah model kapal selesai maka dilanjutkan dengan pengujian tahanan model kapal (Resistence Test) di fasilitas Towing Tank. Pengujian tahanan model kapal berlangsung sekitar 1 minggu untuk kemudian model dipersiapkan di fasilitas Manuever Ocean Basin untuk pengujian olah gerak model kapal (Seakeeping Test). Sebelum dilakukan pengujian olah gerak, model kapal uji sebelumnya dilakukan pencarian titik berat dan jari-jari girasi model kapal. Pengujian olah gerak dilakukan menggunakan dua kondisi heading yaitu heading 18 derajat dan heading 135 derajat.

Kunjungan KPC 3

Kunjungan KPC 2

 

Setelah presentasi dilakukan di Auditorium, maka kunjungan dilanjutkan dengan melihat atau meninjau fasilitas yang dimiliki oleh BTH. Kunjungan fasilitas dimulai dari fasilitas Ship Model Workshop untuk membuat model kapal patroli cepat 60 m, kemudian mengunjungi fasilitas pengujian Manuever Ocean Basin. Pada saat di fasilitas Manuever Ocean Basin di-demokan juga untuk pengujian olah gerak model kapal untuk kapal patroli cepat 60 m. Acara kunjungan ditutup dengan foto bersama antara pihak TNI-AL dan BTH dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan. Berikut beberapa dokumentasi selama kunjungan berlangsung. (PPID/Pemasaran2020)

Kunjungan KPC 4

Kunjungan KPC 5

 


Statistik Pengunjung

Today72
Yesterday114
This week456
This month3256
Total169440

Kontak Kami

Balai Teknologi Hidrodinamika

Jl. Hidrodinamika BPPT, Kompleks ITS , Sukolilo

Surabaya 60112, Indonesia

Phone: (+6231) 5947849

WhatsApp: (+6281230842055)

Fax: (+6231) 5948066

Email: sekr-bth@bppt.go.id

© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi - BPPT