• (031) 5953195
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kunjungan Kepala BPPT ke BTH Tahun 2021

Kunjungan KaBPPT 1

Mei 2021

Pada bulan Mei (21/05) BTH menerima kunjungan kerja dari Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (Ka. BPPT) Bapak Hammam Riza. Dimana beliau berkunjung dalam rangka membuka acara Webinar dengan tema "Demo Pengujian Kapal Mini LNG" yang disiarkan secara langsung (live) dari fasilitas pengujian Manauver & Ocean basin (MOB) BTH. Acara dibuka dengan sambutan dari MC untuk Panelist Webinar antara lain ada Bapak Ketut Buda Artana dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Bapak Achamd Agung dari PT. Cumawis Shipping serta sambutan untuk seluruh peserta Webinar ini.

Agenda pertama adalah pembukaan Webinar yang dibuka langsung oleh Kepala BPPT Bapak Hammam Riza yang pada saat acara Webinar berada di Ruang Rapat BTH. Kepala BPPT dalam sambutannya menegaskan bahwa kemandirian energi merupakan isu penting dalam pembangunan nasional yang terus digaungkan oleh pemerintah. LNG sendiri merupakan sumber energi alternatif yang distribusinya diperlukan untuk memenuhi pasokan energi listrik diwilayah Indonesia. Kapal Mini LNG diharapkan dapat menjadi solusi untuk memenuhi pasokan energi listrik di wilayah Indonesia, terutama untuk bagian atau pulau-pulau yang berada di Indonesia bagian timur yang belum memiliki Pelabuhan yang memadai untuk Terminal LNG. BPPT tidak bekerja sendiri, penguasaan dan pengembangan inovasi Kapal Mini LNG dilakukan dalam sebuah ekosistem inovasi sehingga keberhasilan penerapannya dapat terjamin. Selain itu Kapal Mini LNG juga dirancang dengan menggunakan komponen dalam negeri, sehingga akan meningkatkan produksi dalam negeri (P3DN). Untuk itu Kepala BPPT mengajak semua stakeholder untuk dapat bekerja bersama, menguasai teknologi, menciptakan inovasi dan menjamin keberhasilan penerapannya. Sehingga BPPT bersama dengan stakeholder dapat memulihkan ekonomi nasional dan meningkatkan kemandirian bangsa, bukan hanya di bidang maritim, tetapi disegala sektor strategis nasional.

Acara berikutnya adalah sambutan dari Deputi Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun Rekayasa (TIRBR) Bapak Wahyu Pandoe Widodo yang menjelaskan tentang Program Kerja yang ada di Kedeputian TIRBR, terutama Program Kerja yang ada di BTH antara lain kegiatan atau program Inovasi Pengembangan Teknologi Maritim. Yang mana di BTH untuk kegiatan Inovasi Pengembangan Teknologi Maritim (IPTM) pada tahun 2021 ini terdapat tiga kapal antara lain Kapal Mini LNG, Kapal harbour Tug dan Kapal/Wahana Angkut Anjungan Lepas Pantai Paska Operasi (ALPO), yang mana ketiga kapal ini diharapkan dapat diproduksi di Indonesia dan menjadi solusi teknologi bagi stakeholder yang memerlukan kapal sesuai dengan yang diinginkan. Program IPTM sendiri berada dibawah koordinasi Pusat Tekonlogi Industri Maritim (PTRIM) yang dikepalai oleh Direktur PTRIM Bapak Taufiq Arif Setyanto yang pada acara Webinar juga mengharapkan agar peran dan dukungan para stakeholder tetap tinggi kepada BPPT, sehingga desain yang dikerjakan oleh BPPT dapat segera terwujud dan dapat meningkatkan kemampuan para engineer atau perekayasa Indonesia didalam desain kapal yang sesuai dengan perairan Indonesia itu sendiri.

Kunjungan KaBPPT 2

Kunjungan KaBPPT 3

 

Agenda berikutnya adalah demo pengujian secara langsung (live) yang dipimpin oleh Ka. BTH Bapak Muryadin dari atas Carriage MOB. Dimana Ka. BTH menjelaskan tentang bagaimana pengujian dilakukan di kolam pengujian dan parameter apa saja yang didapatkan dari hasil pengujian. Pada saat demo berlangsung, Kepala BPPT dan rombongan juga menyaksikan secara langsung dari atas Carriage dan memberikan gambaran kepada para peserta Webinar tentang pentingnya pengujian hidrodinamika di Fasilitas Pengujian, agar hasil yang didapatkan lebih aktual dan mendekati prediksi yang diharapkan oleh para desainer kapal. Berikut beberapa dokumentasi selama Webinar Demo Pengujian Kapal Mini LNG di BTH. (PPID/Pemasaran2021)

Kunjungan KaBPPT 4

Kunjungan KaBPPT 5

 

Kunjungan KaBPPT 6

Kunjungan KaBPPT 7


Statistik Pengunjung

Today114
Yesterday152
This week615
This month33235
Total258510

Kontak Kami

Balai Teknologi Hidrodinamika

Jl. Hidrodinamika BPPT, Kompleks ITS , Sukolilo

Surabaya 60112, Indonesia

Phone: (+6231) 5947849

WhatsApp: (+6281230842055)

Fax: (+6231) 5948066

Email: sekr-bth@bppt.go.id

© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi - BPPT