Desember 2019
Upaya pengembangan Kapal Pelat Datar di Indonesia terus mendapat dukungan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Selain dapat diandalkan untuk membangun kekuatan maritim Indonesia, Kapal Pelat Datar ini juga memiliki daya saing kuat dan biaya produksinya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan kapal-kapal berbahan baku kayu maupun fiber. Karena itu, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir sangat rajin memantau perkembangan kerja berbagai pihak yang terlibat dalam pengembangan Kapal Pelat Datar ini. Bahkan, Nasir sangat berharap agar Kapal Pelat Datar karya anak bangsa Indonesia itu dapat segera diproduksi massal untuk memperkuat kekuatan bahari Indonesia (sumber: Kemeristek/BRIN).
Untuk mengetahui karakteristik hidrodinamika kapal, maka PT. Juragan Kapal Indonesia melakukan pengujian hidrodinamika di Balai Teknologi Hidrodinamika (BTH). Berdasarkan kontrak No 10/BPPT/BTH/HK.03.02/10/2019 antara Balai Teknologi Hidrodinamika dengan PT. Juragan Kapal Indonesia, maka BTH mendapatkan order Layanan Jasa meliputi: pengujian tahanan (Resistance Test) dan pengujian paint smear (Paint Smear Test) yang dilakukan di fasilitas Towing Tank (TT).
Model kapal LHI-0246 dibuat dari material kayu dengan dilapisi laminasi fiberglass, supaya air tidak masuk kedalam model kapal. Pembuatan model kapal pelat datar dilakukan di fasilitas SMWS selama lebih kurang 1 bulan. Mulai dari penggambaran gambar kerja di bagian drawing sampai dengan finishing pengecetan di SMWS. Beberapa foto menunjukkan proses pembuatan model kapal plat datar mulai dari penyusunan frame sebagai awal, pembentukan lambung kapal, pengecekan dimensi sesuai dengan standar dari tim QA/QC mengikuti ISO 17025:2017. Pengecekan ini dilakukan di atas Marking Table di fasilitas Ship Model Workshop (SWMS).
Sebelum dilakukan pengujian di Towing Tank untuk Resistance Test dilakukan leveling draft agar model kapal tidak mengalamai trim depan maupun trim belakang dengan penyesuaian peletakan ballast. Kapal plat datar diuji dengan variasi level draft sebanyak 3 draft.
Untuk pengujian paint smear model kapal pelat datar beri lapisan cat terlebih dahulu pada bagian frame mulai frame 19 sampai frame 0, untuk kemudian ditarik menggunakan carriage Towing Tank untuk melihat aliran air yang mengenai lambung kapal, hasil dari pengujian paint smear adalah pada frame model kapal tampak bentuk aliran cat yang me-representasikan bentuk aliran air yang mengenai lambung kapal.