• (031) 5953195
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengujian Hidrodinamika Kapal LCT 700 DWT

F LHI248 LCT700dwtm Rest Sarat254m V 7 Knots 8

Desember 2019

Landing Craft - Tank ( LCT) adalah sebuah kapal pendarat serang untuk mendaratkan tank di tepi-tepi pantai. Kapal ini mulai muncul pada saat Perang Dunia II dan digunakan oleh Angkatan Laut Inggris dan Amerika Serikat pada saat itu. AL Amerika Serikat kemudian menggunakannya untuk tujuan-tujuan lainnya selama Perang Korea dan Perang Vietnam. Selama Perang Dunia II, kapal-kapal ini biasanya dikenal dengan singkatan namanya LCT. LCT diproduksi dalam beberapa konfigurasi. Dua tipe kepunyaan Amerika Serikat adalah Mark V dan Mark VI. LCT tipe Mk V hanya memiliki pintu pendarat di bagian haluan kapal, sementara tipe Mk VI memiliki pintu pendarat di haluan dan buritan kapal. Ukuran mereka jauh lebih kecil dari Landing Ship - Tank ( atau LST) , jenis kapal pendarat tank serbu yang mampu mengangkut dan meluncurkan LCT. Dengan tetap memakai nama LCT, banyak kapal-kapal ini beroperasi di perairan Indonesia sebagai kapal-kapal komersial mengangkut berbagai muatan ( misalnya alat-alat berat dan barang-barang konstruksi) ke berbagai penjuru Indonesia, terutama ke daerah pertambangan yang berada di pulau atau pantai terpencil.

Untuk mengetahui karakteristik hidrodinamika kapal LCT, maka PT. Dharma Kreasi Nusantara melakukan pengujian hidrodinamika di Balai Teknologi Hidrodinamika (BTH). Berdasarkan kontrak No 12/BPPT/BTH/HK.03.02/11/2019 antara Balai Teknologi Hidrodinamika dengan PT. Dharma Kreasi Nusantara , maka BTH mendapatkan order Layanan Jasa meliputi: pengujian tahanan (Resistance Test) dan pengujian olah gerak kapal (Seakeeping Test) yang dilakukan di fasilitas Manaeuver Ocean Basin (MOB).

Model kapal LHI-0248 dibuat dari material kayu dengan dilapisi laminasi fiberglass, supaya air tidak masuk kedalam model kapal. Pembuatan model kapal LCT dilakukan di fasilitas SMWS selama lebih kurang 1 bulan. Mulai dari penggambaran gambar kerja di bagian drawing sampai dengan finishing pengecetan di SMWS. Beberapa foto menunjukkan proses pembuatan model kapal LCT mulai dari penyusunan frame sebagai awal, pembentukan lambung kapal, pengecekan dimensi sesuai dengan standar dari tim QA/QC mengikuti ISO 17025:2017. Pengecekan ini dilakukan di atas Marking Table di fasilitas Ship Model Workshop (SWMS).

IMG 6495

IMG 6636

 

Sebelum dilakukan pengujian di Towing Tank untuk Resistance Test dilakukan leveling draft agar model kapal tidak mengalamai trim depan maupun trim belakang dengan penyesuaian peletakan ballast. Kapal LCT diuji dengan  1 variasi level draft.

F LHI248 LCT700dwtm Rest Sarat254m V 7 Knots 8

F LHI248 LCT700dwtm Rest Sarat254m V 85 Knots 11

 

Untuk pengujian seakeeping, model kapal terlebih dahulu diletakkan pada Meja Ayun untuk mencari frekuensi natural kapal pada kondisi kering. Untuk pengujian olah gerak model kapal (seakeeeping) dilakukan pada kondisi 2 arah gelombang yaitu arah 180 derajat (head sea) dan arah 135 derajat.

F LHI248 LCT700 Seak Hs3m tp75 V8knot 135Deg 172

F LHI248 LCT700 Seak Hs3m tp75 V8knot 180Deg 10

 


Statistik Pengunjung

Today68
Yesterday102
This week636
This month471
Total132144

Kontak Kami

Balai Teknologi Hidrodinamika

Jl. Hidrodinamika BPPT, Kompleks ITS , Sukolilo

Surabaya 60112, Indonesia

Phone: (+6231) 5947849

Fax: (+6231) 5948066

Email: sekr-bth@bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi - BPPT