• (031) 5953195
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Monev Kegiatan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (PPT) 2020 Triwulan II

Website

Juni 2020

Kegiatan  monitoring dan evaluasi kegiatan yang dilakukan atau dilaksanakan di BTH selama triwulan (TW) II diselenggarakan pada tanggal 25 Juni. Kegiatan monev TW II ini dikoordinasi oleh bagian Perencanaan dengan mengundang para Manajemen BTH dan para Troika dari kegiatan DIPA BTH baik DIPA Riset dan DIPA PNBP. Untuk DIPA Riset (Program dan Pengembangan Teknologi/PPT) yaitu PPT Inovasi Pengembangan Buoy INA-TEWS diwakili oleh Kepala Program Bapak Sahlan,ST.,MT, sedangkan untuk PPT Inovasi Pengembangan Teknologi Maritim diwakili oleh Kepala Program Bapak Nurcholis,ST.,M.Sc.

 

 

 

Untuk kegiatan DIPA PNBP yang berlangsung sampai TW II yaitu PNBP Kapal Ferry Ro-Ro 68 m, PNBP Kapal Ferry 1100 GT dan PNBP Kapal Cepat 60 m yang masing-masing kegiatan tersebut diwakili oleh Kepala Program kegiatan. Acara diawali pembukaan oleh Manajemen yang disampaikan oleh Ka. BTH Bapak Muryadin. Ka. BTH menyampaikan pesan, bahwa mulai bulan Juni BPPT telah melaksanakan kegiatan dalam kondisi "New Normal", sehingga untuk protokol kesehatan wajib untuk dipatuhi seluruh pegawai BPPT mulai dari pusat sampai unit kerja didalam melaksanakan kegiatan di kantor dan selama perjalanan menuju atau kembali kerumah. Semua ini dilakukan agar kesehatan para pegawai BPPT dan keluarga dirumah dapat tetap terjaga dalam kondisi sehat. Pada kesempatan pertama presentasi diberikan kepada kegiatan PPT Inovasi Pengembangan Teknologi Maritim yang didalam paparannya menjelaskan tentang capaian yang sudah didapat sampai TW II ini yaitu terlaksananya pembuatan dan pengujian model Kapal Harbour Tug. Kapal Harbour Tug dilakukan pengujian resistance test untuk mengetahui tahanan model kapal, sedangkan untuk pengujian bollard pull diharapkan dapat dilaksanakan pada tahun 2020 ini. Untuk pembuatan model kapal Mini LNG dilaksanakan mulai pertengahan bulan Juni dan diharapkan dapat selesai pada bulan Agustus untuk kemudian dilakukan pengujian  resistance test. Berikutnya adalah paparan kegiatan PPT Inovasi Pengembangan Buoy INA-TEWS yang sampai TW II ini sudah meyelesaikan pekerjaan pembuatan dan pengujian model buoy gen 3.1 untuk pengujian seakeeping test. Sedangkan untuk pembuatan prototipe buoy gen 3.1 sampai bulan Juni ini proress pekerjaan sudah mencapai 50%. Untuk simulasi numerik buoy gen 4 dimana gen 4 ini terdiri dari floater untuk dipermukaan dan glider untuk dibawah air, kegiatan simulasi numerik ini sudah mencapai progress 70% sampai bulan Juni.

WhatsApp Image 2020 05 13 at 11.51.33

WhatsApp Image 2020 05 13 at 11.51.32

Untuk presentasi berikutnya adalah kegiatan DIPA PNBP Kapal ferry Ro-Ro 68 m, dimana dalam paparannya Kepala Program Bapak Hardi Zen,ST menjelaskan bahwa sampai TW II untuk pembuatan model kapal dan pembuatan model propeller sudah selesai dilaksanakan, juga untuk pengujian resistance dan propulsi dengan 2 kondisi sarat sudah selesai dilakukan. Untuk kegiatna DIPA PNBP berikutnya adalah Kapal Ferry 1100 GT yang dipaparkan oleh Kepala Program Bapak Ir. Ridwan Utina. Untuk PNBP ini karena tidak melakukan pembautan model dikarenakan menggunakan model yang sudah ada, maka untuk pengujian model Kapal Ferry 1100 GT sampai TW II sudah selesai dilaksanakan, dimana pengujian yang dilaksanakan adalah pengujian seakeeping dengan 2 arah gelombang yaitu 180 derajat dan 135 derajat. Untuk kegiatan DIPA PNBP yang ketiga adalah pengujian model Kapal Patroli Cepat 60 m yang dipaparkan oleh Kepala Program Ibu Dr. Dian Purnamasari, ST.,MT yang menyampaikan bahwa sampai TW II ini pekerjaan pembuatan model kapal sudah selesai dilakukan dan akan dilakukan pengujian resistance dan pengujian seakeeping pada akhir bulan Juni atau awal bulan Juli. Acara monev untuk TW II ini diakhiri dengan penutupan oleh Ka. BTH. (SI/RKP)


Statistik Pengunjung

Today23
Yesterday100
This week404
This month2015
Total149098

Kontak Kami

Balai Teknologi Hidrodinamika

Jl. Hidrodinamika BPPT, Kompleks ITS , Sukolilo

Surabaya 60112, Indonesia

Phone: (+6231) 5947849

Fax: (+6231) 5948066

Email: sekr-bth@bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi - BPPT