• (031) 5953195
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Bechmark Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas di BKN Kanreg II Tahun 2021

Bechmark BKN 1

April 2021

Dalam rangka pelaksanaan PZI - BTH menuju WBK, pada hari Selasa 13 April 2021 Tim pelaksana kegiatan PZI - BTH telah melaksanakan benchmarking kunjungan ke Kantor Regional If Badan Kepegawaian Negara (BKN) Surabaya di Sidoarjo yang terdiri dari Perwakilan Manajemen Bpk Rony W , Kontak Person : Bpk Sahlan, Troika dan Ketua AoC, sedangkan dari Pihak BKN : Bpk Basuki Ah Wicaksono sebagai Ketua PZI, Bpk Anang Pikukuh sebagai Ketua Pokja Penguatan Manajemen SDM beserta 2 staffnya (Bpk Alifian dan Bpk Eko Junaidi).

Pada kegiatan ini dijelaskan secara singkat oleh pihak BKN struktur dan kedudukan Kantor Regional II BKN Surabaya berkedudukan langsung di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala BKN. Kantor Regional II BKN Surabaya melakukan pelayanan di bidang administrasi kepegawaian meliputi mutasi dan status kepegawaian, pensiun dan pengangkatan, informasi kepegawaian dan supervisi kepegawaian. Kantor Regional II BKN Surabaya telah mendapatkan Predikat WBK pada akhir tahun 2019 dan saat ini sedang melakukan persiapan menuju Predikat WBBM. Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas Kantor Regional II BKN Surabaya dilakukandengan beberapa tahapan, yaitu: a)Tahap pemahaman dan inisiasi dimana pada tahapan ini sosialisasi dan penyamaan persepsi, pembentukan tim ZI, penetapan renja dan deklarasi Pembangunan Zona Integritas. b) Tahap pengumpulan dokumen awal. c) Tahap internalisasi yaitu memberikan pemahaman lanjutan mengenai Pembangunan Zona Integritas kepada seluruh pegawai, termasuk mengingat kembali tupoksi pribadi. Pada tahapan ini juga disisipkan kegiatan seperti capacity building. d) Tahap Koordinasi, Evaluasi Awal dan Pengumpulan Dokumen Lanjutan, pada tahap ini diperoleh kesepakatan dokumen apa dan seperti apa yang dibutuhkan serta jadwal pengumpulan untuk dievaluasi utang oleh tim ZI BKN Pusat. e) Tahap Internalisasi lanjutan yang memonitor pemahaman seluruh pegawai tentang pembangunan Zona Integritas (dikumpulkan dan diberikan kuisioner). f) Pemantauan dan evaluasi internal dan eksternal serta tindak lanjut yang mana untuk monev internal dilakukan oleh oleh tim ZI BKN Pusat. Sedangkan money eksternal dilakukan oleh tim evaluator dari KemenPAN RB.

Kunci dari Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas adalah komitmen pimpinan dan seluruh pegawai. Peneguhan komitmen dilakukan melalui deklarasi dan penandatangan komitmen bersama pimpinan dan seluruh pegawai serta mengajak stakeholder. Dalam mendukung Pembangunan Zona Integritas , tim pelaksana ZI BKN Kanreg II melaksanakan program sebagai berikut : a) Sosialiasi melalui media sosial, tidak hanya untuk memasarkan program WBK, tapi juga untuk memberikan pemahaman ke pegawai, stakeholder dan masyarakat umum serta meminta dukungan stakeholder terhadap pembangunan ZI menuju WBK. b) Melakukan perubahan tatanan kantor yang menunjukkan komitmen pimpinan dan seluruh pegawai terhadap ZI melalui e-banner. c) Melakukan terobosan baru dalam pelayanan. d) Reward and punishment kepada pegawai adapun reward bisa dilakukan dengan pemberian SPPD atau melibatkan pada pekerjaan yang mendapatkan honor, sedangkan punishment juga telah dilakukan kepada pegawai yang melanggar aturan yang berlaku (disiplin). e) Secara periodik menentukan pegawai teladan dan PPNPN teladan dengan hadiah yang sudah dianggarkan.

Poin besar (yang diyakini) sangat berperan membawa Kantor Regional II BKN Surabaya memperoleh predikat WBK adalah keberadaan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) dan adanya inovasi penggunaan teknologi informasi (aplikasi AREK) dalam pemberian pelayanan kepegawaian, sehingga pelayanan menjadi lebih mudah dilakukan karena paparless dan lebih mudah dipantau perkembangannya, serta yang tidak kalah pentingnya yaitu mengurangi resiko/kemungkinan terjadinya praktek korupsi (karena sebagain besar layanan tidak lagi dilakukan secara tatap muka). Berikut beberapa dokumentasi selama kunjungan dalam rangka benchmark ke BKN Kanreg II. (PPID/RB2021)

Bechmark BKN 1

Bechmark BKN 2

 

Bechmark BKN 3

Bechmark BKN 4

 


Statistik Pengunjung

Today101
Yesterday152
This week602
This month33222
Total258497

Kontak Kami

Balai Teknologi Hidrodinamika

Jl. Hidrodinamika BPPT, Kompleks ITS , Sukolilo

Surabaya 60112, Indonesia

Phone: (+6231) 5947849

WhatsApp: (+6281230842055)

Fax: (+6231) 5948066

Email: sekr-bth@bppt.go.id

© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi - BPPT