• (031) 5953195
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Ship Model

Balai Teknologi Hidrodinamika (BTH) memiliki bengkel pembuatan model (ship model workshop) yang digunakan sebagai sarana pendukung untuk pembuatan model kapal dan bangunan apung lainnya. Bengkel pembuatan model memiliki berbagai peralatan yang berhubungan dengan pekerjaan berbahan kayu dan fiberglass. Peralatan yang dimiliki bengkel pembuatan model BTH adalah:

  1. Mesin Bubut Kayu adalah mesin perkakas yang berguna untuk pengerjaan terhadap benda kerja yang mempunyai bentuk melingkar silinder benda kerja baik yang lurus maupun bertingkat.  Bisa juga digunakan untuk memotong benda yang diputar dengan menggunakan pahat (tools) khusus.
  2. Mesin Potong Kayu adalah mesin perkakas yang berguna untuk pengerjaan pemotongan bahan dari kayu dimana proses pemotongan kayu terjadi karena adanya kontak antara alat potong dengan material yang akan di potong.
  3. Marking Tabel adalah mesin perkakas yang berguna untuk melakukan pengukuran model kapal yang sudah dibuat. Peralatan ini bisa melakukan pengukuran model sampai dengan panjang 9 m. Untuk sumbu yang bisa di-ukur adalah sumbu X, sumbu Y dan sumbu Z.
  4. Mesin Gerinda Tangan adalah mesin perkakas yang digunakan untuk melakukan pengerjaan peng-gerindaan model kapal dari kayu yang telah dibuat, agar tidak ada bahan tajam yang keluar dari kulit model kapal.
  5. Mesin Poles Model Kapal adalah mesin perkakas yang digunakan untuk melakukan pengerjaan peng-halusan model kapal dari kayu yang telah dibuat, agar model kapal dapat dibentuk sesaui dengan streamline model kapal.

 

 DSC4591

 DSC4708

 

IMG 8383

IMG 8391

 


Statistik Pengunjung

Today9
Yesterday107
This week566
This month2239
Total118868

Kontak Kami

Balai Teknologi Hidrodinamika

Jl. Hidrodinamika BPPT, Kompleks ITS , Sukolilo

Surabaya 60112, Indonesia

Phone: (+6231) 5947849

Fax: (+6231) 5948066

Email: sekr-bth@bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi - BPPT